Kamis, 17 September 2015

laporan hasil observasi Hutan Dan Permasalahannya



A. Latar belakang dan pernyataan umum


Hutan sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa yang dianugerahkan kepada Bangsa indonesia, merupakan kekayaan yang dikuasai oleh Negara yang memberikan manfaat serbaguna bagi umat manusia. Hutan juga merupakan salah satu sumber daya alam yang berperan dalam menjaga, mempertahankan dan meningkatkan ketersediaan air dan kesuburan tanah. Ketersediaan air dan kesuburan tanah merupakan urat nadi kehidupan manusia.

   B. Tujuan

·        untuk mengetahui pengaruh kerusakan hutan terhadap alam sekitarnya.
·        Untuk membuat manusia lebih bertanggung jawab kepada alam sekitarnya.

   C. pembahasan


Hutan adalah suatu ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang terdiri dari pepohonan dan makhluk hidup yang ada didalam sekumpulan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dpat dipisahkan.  Hutan sering disebut sebagai paru-paru dunia karena hutan terdiri dari banyak pepohonan yang pada siang hari mengeluarkan oksigen dan oksigen tersebut dapat membantu makhluk hidup yang lain. Hutan dapat mencegah banjir dan tanah longsor dengan cara menyerap air hujan yang dapat menyebabkan banjir dan menahan longsoran tanah . hutan juga dapat mengurangi pemanasan global / Global Warming yang disebabkan oleh ulah manusia tak bertanggung jawab.   
Hutan terdiri dari pepohonan dan makhluk hidup yang ada didalamnya. Tak hanya pepohonan yang hidup di hutan,didalamnya banyak jenis flora dan fauna yang hidup saling berdampingan,kebanyakan flora tersebut termasuk jenis tumbuhan langka dan yang dilindungi.Dan rata - rata jenis fauna yang hidup didalamnya adalah jenis yang harus dilindungi keberadaannya.Hasil hutannya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu,hasil hutan kayu dan non kayu.Hasil hutan kayu adalah kayu jati,mahoni,sono keling,dll,dan hasil hutan non kayu adalah madu,rotan,dll.
Kawasan hutan adalah wilayah tertentu yang di tunjuk/ditetapkan oleh pemerintah untuk dipertahankan keberadaanya sebagai hutan tetap. Hutan lindung adalah kawasan hutan yang mempunyai fungsi pokok sebagai perlindungan system penyangga kehidupan untuk mengatur air, mencegah banjir, mengendalikan erosi, dan memelihara kesuburan tanah. banyak hutan di Indonesia ini gundul akibat ulah 
tangan – tangan jail manusia.Oleh karena itu sebelum terlambat,mari kita selamatkan hutan kita agar tidak terjadi hal - hal yang dapat merusak bumi ini.



1. faktor yang mempengaruhi kerusakan hutan.
     1. Penebangan liar.
Terjadinya penebangan liar dalam suatu kawasan hutan semakin memicu terjadinya kerusakan hutan dan menurunnya jumlah hutan, walau telah dilarang menebang hutan secara liar oleh pemerintah dan militer . Sekarang ini terdapat bahaya besar yang mengancam dengan merajalelanya pandangan “BEBAS BAGI SIAPA SAJA” termasuk penduduk untuk menebang hutan sebanyak banyaknya.
2.  program pembangunan.
P rogram pembangunan yang mendayagunakan lahan hutan seperti sawah, transmigrasi(pemukiman), perkebunan, dll sehingga hutan menjadi berubah fungsi dan akan berakibat buruk bagi lingkungan.
3. kebakaran hutan.
Kebakaran hutan di karenakan keteledoran dari masyarakat itu sendiri yang tidak mempedulikan seperti membuang punting rokok ke hutan. 

Nama anggota :
1. Ainun nur malik ( pemateri )
2. Sairi solikh (notulis )
3. Lucy ananda ( moderator )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar